Blogger, Jurnalis Publik?

Blog alias weblog berkembang sangat pesat. Pesan-pesan Blog yang beragam kini mulai diliat sebagai sebuah model reportase khas dari warga negara (citizen). Laporan pandangan mata maupun fakta yang diungkap para Blogger sudah bisa dikategorikan sebagai fakta jurnalistik yang layak untuk disimak.

Tapi ada yang berpendapat, reportase Blogger terlalu subyektif dan emosional. Betulkah? Bukankah terkadang wartawan profesional juga melaporkan secara emosional dari lokasi musibah atau peperangan?

Yang jelas, pekan lalu kantor berita AP sudah bekerjasama dengan penyedia mesin pencari blog, Technorati, dalam memasok fitur baru untuk media-media pelanggan AP. Setiap berita teranyar AP akan dilengkapi dengan "Most Blogged About…" yang menunjukkan betapa blogging sudah masuk ke media-media mainstream dunia saat ini.

One response to “Blogger, Jurnalis Publik?

  1. Walaupun masih dipertanyakan, status blog sebagai karya jurnalistik atau bukan, blog untuk saat ini merupakan sarana yang paling efisien untuk bicara. Seperti dalam ilmu komunikasi, bicara merupakan salah satu bentuk eksistensi diri. Bicara dalam hal ini tentunya bukan keluar dari pita suara yang bergetar ke dalam bentuk audio, melainkan keluar dari jiwa yang bergetar ke dalam bentuk tulisan. Sekali lagi, demi sebuah eksistensi diri. Karena media saat, apakah telah menyatu dengan pulik? Perlu pembahasan lebih jauh. Terima kasih.
    (Kunjungi juga ya blog saya dan kasih komentar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s