Sofyan Keberatan Berita Rakyat Merdeka

Satu lagi kasus pers terkait dengan protes orang yang diberitakan. Sebaiknya memang Menteri Syofyan Djalil diberi hak jawab:

JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Sofyan Djalil meminta harian Rakyat Merdeka meminta maaf karena telah menyebut dirinya terseret dalam kasus korupsi senilai Rp 12,9 miliar dalam penjualan proyek terminal peti kemas (Jakarta International Container Terminal). Dia menilai berita dengan judul "Menkominfo Terseret Kasus Korupsi BUMN" terbitan Sabtu lalu itu sebagai fitnah. Sebab, dia adalah Komisaris PT Pelindo, bukan Pelindo II yang terkait dengan kasus tersebut.

Redaktur Eksekutif Rakyat Merdeka Mashuri akan melayani hak jawab yang diminta Sofyan. "Jika memang Menteri berkeberatan dengan pemberitaan kami, akan kami berikan hak jawab," katanya. l AQIDA (Koran Tempo)

One response to “Sofyan Keberatan Berita Rakyat Merdeka

  1. Menurut hemat saya, kebenaran yang diinginkan pers tidak sepenuhnya berjalan sesuai koridor. Banyak kebenaran yang diinginkan pers ternyata menjadi salah, ketika wartawan tidak menjalani tugas dengan benar. Check, cross check, triple Check menjadi dasar, nilai kebenaran sebuah berita. Hal-hal sepele yang sering diabaikan adalah data dan fakta. Banyak wartawan menerima data mentah dari sumber, tanpa menelusuri apakah itu data yang benar atau tidak. Celakanya, data (yang belum terbukti kebenarannya) itu kemudian seringkali menjadi pilihan utama untuk judul berita. (saya orang yang tidak menganut paham: judul adalah nilai jual. Bagi saya judul mengandung nilai kebenaran dan layak untuk dijual).
    Kasus Syofyan Djalil mungkin saja ada ketidakbenaran, mungkin juga benar. Tapi apakah media sudah melakukan upaya untuk memberi hak jawab kepada objek yang diberitakan? Alangkah ruginya publik dengan kabar bombastik yang berisi berita sepihak yang susah diukur kebenarannya. Salam dari Batam. Mairi Nandarson

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s