Penggunaan Nama 2006 FIFA World Cup™

logowc.jpg

Ada polemik atau keraguan soal pemakaian titel atau nama serta logo resmi FIFA World Cup™ di media cetak. Majalah Tempo terbitan 11 Juni memuat artikel tentang polemik pemakaian logo tersebut.
Ditulis bahwa SCTV melarang media cetak mencatumkan logo Piala Dunia disandingkan dengan iklan dalam media itu. Bahkan disebutkan ada harian yang membayar sekitar Rp 2 miliar untuk bisa memakai logo tersebut.

Padahal faktanya Federation Internationale de Footbaal Association (FIFA) tidak melarang nama serta logo resmi dipakai sebagai ilustrasi oleh media.

Pada Guidelines for Use of FIFA’s Trademarks, FIFA justru menganjurkan media untuk memakai titel dan logo resmi Piala Dunia di dalam artikel editorial nonkomersial atau berita-berita tentang 2006 FIFA World Cup Germany™.

Artinya nama atau logo boleh dipakai sepanjang tidak di dalam tulisan advertorial atau iklan yang bukan sponsor resmi Germany 2006. Namun, FIFA memberi rambu-rambu bahwa logo harus dipakai secara benar sesuai dengan FIFA’s Graphic Guidelines atau logo tidak boleh dirusak sehingga bisa mengubah makna atau nilai komersial dari logo tersebut.

Ada pun nama resmi Piala Dunia yang dikeluarkan FIFA adalah 2006 FIFA orld Cup Germany™, 2006 FIFA World Cup™, dan FIFA World Cup™. Ketiga nama itu dianjurkan dipakai oleh media. Jadi, tidak perlu ada polemik soal pemakaian nama dan logo oleh media cetak!

Sumber: Tabloid BOLA

One response to “Penggunaan Nama 2006 FIFA World Cup™

  1. ada dua soal.

    1. kelaziman. setiap media boleh mencantumkan logo gelaran sepanjang untuk pemeritaan, karena hal itu akan menguntungkan panitia. tak perlu bayar iklan, logonya bisa nongol.

    2. nafsu bisnis yang kelewatan. secara legal memang kuat alasannya, baik di piak media pemegang monopoli maupun panitianya. tapi yang namanya kemaruk mestinya kenal batas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s