Jurnalisme Publik ala Wikimu.com

wikimuportal.jpg
Ini salah satu model jurnalisme publik (citizen journalism). Berasal dari publik, dipilih dan dibaca oleh publik. Para pembacalah yang akan memilih dan menentukan berita pilihannya — bukan editornya.

Bukan blog, bukan agregator. Inilah portal komunitas Wikimu.com yang mengusung konsep partisipatif. Bukanlah situs berita, walaupun Wikimu.com berisi aneka ragam informasi: mulai dari isu layanan publik, transportasi hingga suara konsumen.

Siapa saja bisa mendapatkan dan mengirimkan informasi, termasuk menambahkan, melengkapi, atau menyanggah informasi yang sudah ada. Siapa saja juga bisa menyampaikan kutipan informasi dari sumber berita yang dibaca, didengar, ditonton dari media-media umum seperti koran, majalah, radio, dan televisi dengan menyebutkan sumbernya. Pengunjung bisa menambahkan komentar terhadap berita dari media-media umum.

Untuk kirim berita, pengunjung bisa langsung menuliskannya di boks Kirim Warta tanpa harus mendaftar jadi member. Hanya saja, kalau tidak jadi member, berita yang dikirim tidak bisa di-vote dan si pengirim kehilangan kesempatan jadi Anggota Favorite — ya, narsis dikit bolehlah🙂

Proses distribusi dan tukar menukar informasi ini dapat dilakukan tanpa biaya apa pun. Namun, untuk mendapatkan apresiasi atas partisipasi dalam Wikimu.com, Anda harus mendaftarkan diri sebagai anggota. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

via TheGadget

8 responses to “Jurnalisme Publik ala Wikimu.com

  1. Wah, ada juga citizen journalism ala Indonesia. Tapi kok beritanya banyakan Jakarta dan sekitarnya ya.

    Boleh ga kalo nyumbang tulisan dari daerah lain? Biar gak Jakartacentris juga. He.he.

    Thx,

    -anton di denpasar

  2. Mas Budi,
    Keren sekali, sulit menemukan blog seperti ini. Saya jadi semangat nge-blog juga, masih acak-acakkan buanget sih. Saya membayangkan jika sekarang mas telah mencapai prestasi demikian, bagaimana 10 tahun ke depan? Amazing! Selamat berkarya, sukses selalu untuk Anda, mas Budi.

    salam,
    aris

  3. hai, bagi dong ilmunya tentang jurnalistik radio

  4. Mas Budi, wartawan jadi cita-cita saya. Jadi iri deh… walaupun sekarang saya juga menggeluti dunia tulis menulis (copywriter), saya masih memendam rasa nih jadi wartawan. Umur 27 sdh telat deh kayaknya…sekali-kali saya coba ikut nulis disini. thx and success!!

  5. Untuk pembuat wikimu.com. tlg kalau membuat berita/kata pengantar/informasi bikinlah yg to the point. Contoh: …untuk mendapatkan apresiasi atas partisipasi dalam Wikimu.com, Anda harus MENDAFTARKAN DIRI sebagai anggota. Kalimat MENDAFTARKAN DIRI semestinya NGELINK, jadi ane gak puyeng nyare lage… (ingat ini dunia maya bukan berita yg dicetak di kertas).

  6. Mas budi, maaf baru sempat punya mengunjungi blog punya sampeyan. Sekadar saran, bagaimana kalau dipasang mybloglog, agar merangsang para blogger….

  7. blognya mantap banget,tapi sekali – kali tenytang info perkembangan IT donk…..tq

    azriel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s